AGENDA
Tutorials - C#
Tutorial 36 : Kelipatan 3 atau 5 (C# User Control)

Ini adalah algoritma yang akan menerima sebuah bilangan, dan menampilkan tulisa “flip” jika kelipatan 3, ...



Kelipatan 3 Atau 5

Ini adalah algoritma yang akan menerima sebuah bilangan, dan menampilkan tulisa “flip” jika kelipatan 3, dan menampilkan “flop” jika kelipatan 5, menampilkan “flip-flop”.

Berikut langkah - lagkahnya :

1) Ketikkan nama submenu ke-16, yang akan dibuat. Seperti contoh dibawah ini.

2) - Pada Solution, klik kanan ProjectUserControlCSharp, pilih Add » User Control .

     - Pilih User Control dan berikan nama pada Name : uc_flipflop2. Lalu Klik Add.

3) Pada toolbox, double klik atau drag 2 Label, 2 Textbox, dan 2 Button. Lalu pada properties isikan seperti table dibawah ini :

4) Selanjutkan kita akan mengetikkan kode program. Caranya double klik button proses, lalu modifikasi source codenya sehingga menjadi seperti berikut :

//Program    : uc_flipflop2.cs
//Tanggal    : Juli 2014
//Deskripsi  : Menampilkan kelipatan 3, 5 serta 3 dan 5 menggunakan flip-flop

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Drawing;
using System.Data;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectUserControlCSharp
{
    public partial class uc_flipflop2 : UserControl
    {
        public uc_flipflop2()
        {
            InitializeComponent();
        }

    private void btn_proses_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            int angka;
            int h;
            h = 1;
            string tampil = "";

            for (angka = h; angka <= Convert.ToInt32(txt_input.Text); angka++)
            {
                if (angka % 3 == 0 & angka % 5 == 0)
                {
                    tampil += "Flip-flop \r\n";
                }
                else if (angka % 3 == 0)
                {
                    tampil += "Flip \r\n";
                }
                else if (angka % 5 == 0)
                {
                    tampil += "Flop \r\n";
                }
            }
            txt_output.Text = tampil;
        }

     private void btn_hapus_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            txt_input.Text = "";
            txt_output.Text = "";
        }
    }
}

5) Pastikan anda telah mengubah source code pada Form1, seperti pada latihan-latihan sebelumnya. Lalu simpan hasil modifikasi dengan CTRL+S.

6) Run program dengan menekan tombol CTRL + F5 :

 

 

Like or Share This Article



COMMENTS ( 0 )
 
Keep connected with us, mobile apps available now !!