AGENDA
Tutorials - Java
Tut 2: Input Output

Bab ini membahas hal-hal dasar dalam pemrograman Java yaitu pernyataan, variabel, komentar, operan, operator,



Bab ini membahas hal-hal dasar dalam pemrograman Java yaitu pernyataan, variabel, komentar, operan, operator, dan tipe data. Di bab ini juga akan dibahas bagaimana menangani pemasukan dan pengeluaran dan juga menyajikan bagaimana contoh-contoh programnya.

File video:

1.   Video 01. Hello World

2.   Video 01. TipeData

3.   Video 1. Netbeans – Hello World

Tipe Data

Tipe Data menentukan bagaimana data secara internal disimpan dalam memori. Tipe data dalam bentuk bilangan berbeda dengan bentuk string. Tipe data bentuk bilangan dapat digunakan untuk operasi hitung, sementara tipe data string tidak bisa.

TYPE DATA

KETERANGAN

Byte Bertipe bilangan bulat dengan rentang nilai dari -128 s/d +127
Short Bertipe bilangan bulat dengan rentang nilai dari -32768 s/d +32767
int Bertipe bilangan bulat dengan rentang nilai dari -2147483648 s/d +2147483647
Long Bertipe bilangan bulat dengan rentang nilai dari
-9223372036854775808 s/d +9223372036854775807
Float Bertipe bilangan desimal dengan rentang nilai dari -3.4 * 108 s/d
+3.4 * 108
Double Bertipe bilangan desimal dengan rentang nilai dari -1.7 * 10308 s/d
+1.7 * 10308
Boolean Tipe data yang terdiri dari 2 nilai, yaitu true dan false. Tipe data ini berguna untuk mengevaluasi suatu kondisi.
Char Tipe data yang digunakan untuk menangani data berupa karakter ASCII yang digunakan dengan tanda kutip tunggal. Contoh : ‘a’, ‘b’, atau ‘7’.
String Tipe data yang digunakan menangani sekumpulan karakter yang digunakan dengan tanda kutip ganda. Contoh : “Hello World”.

 

Pernyataan Penugasan, Ekspresi, Operator, dan Operand

luas = panjang  *  lebar;

Pernyataan ini disebut Pernyataan Penugasan. Dalam hal ini hasil perhitungan panjang * lebar diberikan ke luas.

Ekspresi adalah suatu bentuk tulisan yang dapat melibatkan pemanggilan fungsi, operand, dan operator. Dari contoh di atas, ekspresi nya adalah panjang * lebar dan hasil ekspresinya adalah luas.

Operator adalah karakter khusus berupa symbol atau tanda yang digunakan untuk memproses 2 operand atau lebih. Dari contoh di atas, operator adalah * (kali).

Operand adalah variable (karakter atau angka) yang dioperasikan (diproses) oleh operator. Dari contoh di atas, operand adalah panjang dan lebar.

 

Contoh Program

A. Hello Word

Program ini bertujuan untuk menuliskan Hello World ke layar. Jadi, kita tinggal menjalankan program saja karna tidak ada inputan dari user.

// Hello World.java

/*
Nama File : HelloWorld.java
Programmer: www.aplysit.com
Tanggal : 22 November 2012
Deskripsi : Menuliskan Hello World ke layar
*/

import java.util.Scanner;

class HelloWorld {

    public static void main(String[] args) {
        //Menuliskan Hello World
        System.out.println("Hello World");
    }

}

Jika program dijalankan, hasilnya adalah seperti gambar berikut:


B. Menulis Nama

Program ini bertujuan untuk menuliskan nama user ke layar. Jadi, kita memberikan inputan berupa nama pengguna (user).

// Nama.java

/*
  Nama File : Nama.java
  Programmer: www.aplysit.com
  Tanggal   : 22 November 2012
  Deskripsi : Menuliskan Nama user
  */

import java.util.Scanner;

class Nama {

    public static void main(String[] args) {
        String nama;
        Scanner scan = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan nama : ");
        nama = scan.nextLine();
        System.out.println("Hai, Nama saya " + nama);
    }
}

Jika program dijalankan, hasilnya adalah seperti gambar berikut:


C. Menghitung Luas Segitiga

Program ini bertujuan untuk menghitung luas segitiga. Jadi, user akan memberikan inputan berupa alas dan tinggi, dan outputnya adalah luas segitiga.

// Luas Segitiga.java

/*
  Nama File : LuasSegitiga.java
  Programmer: www.aplysit.com
  Tanggal   : 22 November 2012
  Deskripsi : Menghitung Luas Segitiga
  */

import java.util.Scanner;

class LuasSegitiga {

    public static void main(String[] args) {
        double alas, tinggi, luas;
        Scanner scan = new Scanner(System.in);

        System.out.print("Masukkan tinggi segitiga : ");
        tinggi = scan.nextDouble();

        System.out.print("Masukkan alas segitiga : ");
        alas = scan.nextDouble();

        luas = (alas * tinggi) / 2;
        System.out.println("Luas segitiga adalah " + luas);
    }
}

Jika program dijalankan, hasilnya adalah seperti gambar berikut:


D. Latihan

1. Buatlah program untuk menampilkan data dari beberapa variabel.
Contoh :
  benda1 = keyboard
  benda2 = mouse
  benda3 = monitor
  harga1 = 100000
  harga2 = 50000
  harga3 = 1000000

Hasil tampilannya adalah:

 ----------------------------------
 Benda         Harga
 ----------------------------------
 keyboard      100000
 mouse         50000
 monitor       1000000
 ----------------------------------


2. Buatlah program untuk menghitung volume balok!

 

Like or Share This Article




COMMENTS ( 0 )
 
Keep connected with us, mobile apps available now !!