AGENDA
Tutorials - Android
Instalasi Android



Sebelum melakukan instalasi, pastikan telah tersedia seluruh paket instalasi yang diperlukan. Paket-paket tersebut adalah: 

  1. Paket JDK yaitu jdk-6u3-windows-i586-p.exe
  2. Paket SDK Android yaitu Android-sdk_r05-windows.zip
  3. Paket IDE Eclipse Galileo yaitu eclipse-jee-galileo-win32.zip
  4. Paket plugin ADT yaitu ADT-0.9.6.zip
  5. Paket PostgreSQL postgresql-8.4.1-1-windows.exe
  6. Paket WAMP wamp5_1.7.1a.exe
  7. Paket JDBC Connection postgresql-8.4-701.jdbc4.jar
  8. Paket ksoap2-Android-assembly-2.4-jar-with-dependencies.jar (jika menggunakan web service, namun tidak dibahas pada buku ini)
  9. Paket SDK Android yaitu Android-sdk_r10-windows.zi
  10. Paket plugin ADT yaitu ADT-10.zip

Nah, sekarang lakukan instalasi seluruh paket tersebut dimulai dari paket 1,2,3,4 secara berurutan. Paket lainnya diinstal belakangan sesuai kebutuhan pada bab berikutnya

Petunjuk instalasi seluruh paket:

  1. Terlebih dahulu copy seluruh file dari CD ke sebuah folder pada hard disk, misalkan D:installer
  2. Lakukan instalasi Java dengan cara klik ganda D:installerjdk-6u3-windows-i586-p.exe yang secara default akan diinstal pada folder C:Program FilesJava

    Catatan:
    Pada bagian ini Anda harus melakukan path agar perintah javac dapat dilakukan dari lokasi folder manapun. Cara melakukan path dapat dilihat di situs www.aplsyit.com
     bagian Tutorial.

  3. Buatlah sebuah folder baru untuk tempat mengerjalan seluruh proyek dalam buku ini. Misalkan, folder tersebut diberi nama D:android. Lalu extract file android-sdk_r05-windows.zip dan tempatkah pada folder kerja tersebut, lalu rename, sehingga menjadi seperti berikut: D:androidandroid_sdk


  4. Extract file ADTPlugins.zip lalu tempatkah pada folder kerja tersebut, lalu rename, sehingga menjadi D:androidadt_plugin.
  5. Extract file eclipse-jee-galileo-win32.zip lalu tempatkah pada folder kerja tersebut, lalu rename, sehingga menjadi D:androideclipse_galileo
  6. Dengan menggunakan Windows Explorer, klik ganda fileD:androideclipse_galileoeclipse.exe, lalu akan muncul hasil seperti gambar berikut:


  7. Gambar tersebut tampilan loading screen eclipse, tunggu hingga progress bar penuh, dan selanjutnya akan berganti tampilan menjadi layar kerja eclipse.
  8. Instalasi plugin Android, dengan cara klik menu Help » Install New Software
  9. Lalu akan diberikan hasil seperti gambar berikut ini:


  10. Selanjutnya klik tombol Add, dan akan muncul kotak dialog. Pada field Name, ketik Android Plugin. Lalu klik tombol Archive dan akan muncul jendela browse, lalu pilih fileD:androidandrid_adtADT-0.9.6.zip sehingga lokasi file tersebut tertulis pada field Location. Lalu klik OK. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:


  11. Selanjutnya akan dimunculkan hasil instalasi, dapat dilihat pada gambar berikut. Beri tanda cek pada Developer Tools, sehingga seluruh childnya juga diberi tanda cek.


    Sebagai catatan, sebaiknya konkesi internet diputus, agar proses instalasi tidak secara otomatis melakukan update untuk mendownload dan menginstal versi-versi paket yang lain. Kemudian klik Next.
  12. Kemudian klik Next, dan pada tampilan berikutnya, piih I Accept the terms of license agreements, kemudian klik Finish dan proses instalasi akan berlangsung ditunjukkan oleh progress bar.
  13. Tunggu hingga proses instalasi selesai, dan akhirnya akan diberikan tampilan untuk melakukan restart Eclipse. Klik Yes agar Eclipse di restart, dan plugin ADT yang baru diinstal terpasang secara benar pada Eclipse.
  14. Selanjutnya Eclipse akan restart secara otomatis, dan akan muncul kotak dialog Workspace Launcher yg menanyakan Workspace yang akan digunakan pada saat pembuatan proyek nantinya. Workspace ini adalah lokasi file kerja, isilah dengan D:Androidlatihan



    Lalu klik tombol OK

  15. Selanjutnya Eclipse memunculkan loading screen. Tunggu hingga progress bar pada loading screen penuh.
  16. Akhirnya akan dihasilkan IDE Eclipse seperti gambar berikut ini. Tutup welcome screen, dengan cara klik pada tanda [X] (perhatikan gambar).

 

1.2. Pemasangan SDK

Setelah proses instalasi, pasang SDK (Software Development Kit) agar Android dapat berjalan pada Eclipse.

  1. Pada Eclipse, pilah menu Window » Preferences dan akan diberikan hasil seperti gambar berikut ini:
  2. Pada panel kiri klik Android, lalu kllik tombol Browse, lalu pada kotak browsing pilihlah direktori lokasi Android, seprti pada gambar berikut:
    Lalu klik tombol OK

  3. Hasilnya adalah, pada kotak SDK Location akan berisikan D:androidandroid_sdk seperti gambar berikut:
    Lalu klik tombol OK yang terdapat di bagian bawah (pada gambar tidak terlihat)

  4. Lakukan juga konfigurasi terhadap path lokasi Android. Klik Start » My Computer » Klik Kanan » Properties
  5. Akan ditampilkan System Properties, lalu pilih tab Advanced, kemudian klik tombol Environment Variables.
  6. Akan ditampilkan jendela Environment Variables, lalu pada System Variables pilih Path, lalu klik tombol Edit seperti pada gambar berikut:


  7. Akan ditampilkan jendela Edit System Variable, lalu isikan parameter Variable Value dengan lokasi SDK Android yaitu: D:androidandroid_sdk;

 

1.3. Aktivasi SDK

Android telah mengalami evolusi yang sangat cepat dan telah mengeluarkan beberapa versi operating system. Pada emulator di laptop, Anda memasang SDK dengan versi tertentu.

  1. Untuk memulai proyek, pilihlah Device Emulation seperti gambar berikut:
  2. Lalu akan muncul jendela Android SDK and AVD Manager. Pada jendela Android SDK and AVD Manager, klik tombol New


  3. Lalu akan muncul jendela baru seperti dibawah ini. Name adalah nama Virtual Device (Emulator) yang ingin anda buat, misal diisi dengan froyo. Froyo adalah nama untuk Android versi 2.2. Sedangkan untuk targetnya adalah versi Android yang ingin dipakai yaitu versi 2.2. Isikan size 500. Lalu klik tombol “Create AVD”.
    Lalu klik tombol Create AVD, dan kemungkinan akan ditampilkan pesan berupa ringkasan aktivasi SDK. Klik tombol OK.

  4. Kemudian akan kembali ke jendela Android SDK and AVD Manager, namun dengan kotak List of existing Android Virtual Devices telah terisi seperti gambar berikut:

  5. Klik pada list hello untuk memilihnya, lalu klik tombol Start…


  6. Selanjutnya akan muncul sebuah jendela Launch Options, biarkan apa adanya. Lalu klik tombol Launch
  7. Tunggu sejenak sebab proses loading emulator sedang dilakukan. Kemudian emulator Android akan diload, dan untuk beberapa saat lamanya akan diberikan tampilan berwarna hitam dengan tulisan Android.

    Tunggu lagi beberapa saat, hingga akhirnya adalah seperti gambar berikut.

 

Proyek pertama sudah selesai, dengan tulisan hello ada pada judul kiri bagian atas emulator, seperti gambar berikut:

 

Catatan:

Jika hasil proses tidak seperti pada modul ini, maka yang perlu Anda kerjakan adalah, menghapus folder D:android, restart komputer, lalu ulangi lagi langkah-langkah tadi.

Like or Share This Article




COMMENTS ( 0 )
 
Keep connected with us, mobile apps available now !!